Wednesday, October 22, 2014

SRD !!!

Alhamdulillah saya diundang ke SRD.
Apa itu SRD ??? SRD adalah Shell Recruitment Day, yaitu suatu tahapan akhir penerimaan "energi baru" Shell. Ini tahapan yang menegangkan sekaligus menegangkan. Di SRD ini yang dinilai adalah 3 konsep dasar yang diharapkan Shell dari calon "energi baru" nya, yaitu CAR >> Capability, Achievement, Relationship.

Selamat buat kalian yang lolos ke SRD ya ! Jangan takut, just do it.

Ini saya mau share sedikit tentang apa aja yang akan terjadi di SRD. Kalo saya, SRD nya itu dilakukan di Menara Shell, Kuala Lumpur.

Penasaran apa yang terjadi saat SRD ? Here we gooooo.

Pra-SRD
Pra-SRD ini adalah H-1 SRD dimana semua calon diberikan briefing dan latihan terkait SRD. Jadi, kalian nanti bakalan tahu apa aja yang akan terjadi saat SRD di hari ini. Tenang aja, tidak ada assessment yang dilakukan di hari ini kok. Enjoy aja. Try to make friend !!!

Saat SRD :


 SESI 1 : E-Tray Assessment
Sesi assessment online. Ada dua sesi nanti, yaitu 1) sesi menentukan mana yang paling menjadi prioritas dan mana yang paling bukan prioritas, dan 2) sesi tertulis untuk menjawab pertanyaan. Kedua sesi tersebut memiliki kasus yang sama. Intinya di sesi ini kalian harus bisa cepat menganilisis suatu masalah dan menentukan pilihan. Kapabilitas kita dinilai disini.

·         SESI 2 : Focus Group Discussion
Note: Sesi dimana Anda seharunya dapat menghasilkan poin paling banyak !!! Be Active !!!
Mendiskusikan suatu permasalahan yang diberikan oleh tim penilai di dalam grup (4-6 orang), kemudian dipantau oleh panelis. Ntar kita disuruh menentukan stakeholders apa aja yang terlibat dan menentukan prioritas stakeholder paling penting dan yang paling kurang penting. Ada dua diskusi. Pertama diskusi di tim kecil, lalu diskusi ke tim besar. Kasus yang dibawa saat focus group masih sama dengan kasus saat e-tray. Panelis tidak memberikan pertanyaan sama sekali saat sesi ini. Mereka murni hanya memantau diskusi kita. So, just be active, but not dominant !

 SESI 3 : Case Study
Terkait suatu Negara dimana Shell perlu untuk menyelesaikan beberapa masalah (Inti kasusnya masih sama dengan sesi-sesi sebelumnya). Ntar diberikan dokumen-dokumen serta data yang mengandung grafik dan info yang diperlukan >> Mencari key point dan extracting key information dari dokumen dan data yang diberikan (Waktu 1,5 Jam) >> Setelah itu penyampaian key point (5 menit), kita akan disuruh mempresentasikan hasil analisis dan apa tindakan kita sesuai peran yang telah ditentukan. >> Setelah itu ditanya2 sama panelis (45 menit). Pertanyaan tentang progress area yang disebutkan di dalam dokumen. Jawab dengan informasi yang didapat dari dokumen, jangan melenceng !!!. Tips: Jika dapat mengatur mana yang fakta dan informasi di dalam kepala, akan jadi lebih mudah. Kaitkan semua informasi yang ada bersama-sama. Tulis saja semua yang dianggap penting dan jawab pertanyaan dengan percaya diri.

Tips: Benar dan salah tidak terlalu dipertimbangkan, yang penting yakin dan bertanggung jawab atas jawaban kita.

Note: Fokus !!!. Ini sesi paling banyak yang menghabiskan energi !!!.

·         SESI 4 : Competency-Based Interview
Interview dengan assessor. Interview ini harusnya mirip dengan interview saat face to face interview sebelum SRD. Relationship kita paling dinilai disini. Assessor akan melihat diri kita lebih dalam terkait minat dan apa yang dapat kita lakukan. Jadi kita bisa milih bidang apa yang mau kita jadikan bahan studi kasus kita. Nanti akan ditanya juga tentang “Mengapa Shell harus menerima Anda ?”. >> Pertanyaan-pertanyaan pada sesi ini sifatnya struktural. Pengalamaan organisasi akan menjadi sangat penting di sesi ini.


Note: Di sesi 3, mental udah capek. Jadi usahakan jaga fokus semaksimal mungkin. Habis-habisan lah !!!

=======================================================================

Itu dia tadi pengalaman SRD saya, semoga bermanfaat !!!!. Nanti beberapa hari setelahnya (Kalo saya sehari setelahnya) recruiter akan menghubungi kita terkait hasil SRD. Dijelasin feedback dari SRDnya gimana, kita kuat dimana, terus kurangnya dimana. Terus dikasih tahu deh ntar kita lulus atau nggak. Menurut saya SRD ini proses yang sangat objektif sih. Sangat fascinating juga tentunya, walaupun nanti akan sangat nervous. Just enjoy it !

SEMANGAT !!!!!

No comments:

Post a Comment