Sunday, March 3, 2013

Pengenalan Algoritma

Algoritma ?
Ya, Algoritma. Orang awam mungkin akan garuk-garuk kepala dan mengiranya merupakan sesuatu yang amat rumit. Padahal, tanpa mereka atau kita sadari, kita telah menggunakan berbagai macam metode algoritma dalam kehidupan kita, bahkan algoritma yang sulit sekalipun. Pada dasarnya, algoritma merupakan suatu langkah atau aturan terstruktur yang diikuti untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Jadi, dalam hemat saya, dalam algoritma terdapat dua poin utama, yaitu apa tujuan yang ingin kita capai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.



Seorang ilmuwan komputer akan cenderung berbicara tentang eksekusi suatu algoritma atau program untuk mendapatkan suatu solusi. Berdasarkan beberapa referensi yang saya baca, berikut ini langkah-langkah sederhana dalam membuat algoritma :

1. Suatu set aturan dan langkah harus memiliki batasan;
2. Langkah-langkah tersebut harus dapat diikuti dalam beberapa urutan tertentu, sampai hasil yang diinginkan dapat tercapai;
3. Hanya satu aturan yang dapat diikuti (hanya satu operasi yang dapat berjalan) pada suatu waktu.

Dengan kata lain, seorang desainer algoritma harus membangun model dimana detail asing, sulit dimengerti atau tidak relevan harus dihilangkan.

Sebagai contoh, mari kita menjawab pertanyaan “Bagaimana kita dapat menonton film ‘Habibie dan Ainun’ ?”
Berati dalam pertanyaan tersebut kita memiliki tujuan, yaitu menonton film ‘Habibie dan Ainun’ dan jawaban dari pertanyaan tersebut merupakan algoritma yang mewakili “bagaimana cara” untuk mecapai tujuan tersebut. Jawaban yang mungkin untuk pertanyaan tersebut dapat muncul dan diekspresikan dalam berbagai cara. Lebih spesifik lagi, dengan tujuan untuk mencapai solusi algoritma, kita dapat menulis rangkaian sebagai berikuit :

Algoritma untuk menonton film ‘Habibie dan Ainun” :
1. Pergi ke bioskop
2. Beli sebuah tiket untuk film ‘Habibie dan Ainun’
3. Menonton filmnya
4. Pulang ke rumah lagi.

Apa yang baru saja kita bicarakan memang sesuatu yang simpel, Algorithm is simple and fun !

No comments:

Post a Comment